Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

bentuk evaluasi pembelajaran di PAUD


1.      PEMETAAN TPP

a.       Kelompok TK A

Pekan
TPP
Indikator
Konsep
Kegiatan
1
SE 1
 
 
 
2
SE 2
 
 
 
3
SE 3
 
 
 
4
SE 4
 
 
 
5
SE 5
 
 
 
6
SE 6
1.      Berinisiatif menjawab pertanyaan
 
PERCAYA DIRI
 
2.      Tampil di depan kelas
 
KEPEMIMPINAN
 
3.      Mau menjadi pemimpin
 
KEPEMIMPINAN
 
4.      Berani bertanya, mengungkapkan pendapat dan keinginan
PERCAYA DIRI
 
5.      Mau menyelesaikan tugas sendiri.
ULET DAN MANDIRI
MENGGAMBAR BEBAS
7
SE 7
 
 
 
8
SE 8
 
 
 
9
SE 1
 
 
 
10
SE 2
 
 
 
11
SE 3
 
 
 
12
SE 4
 
 
 
13
SE 5
 
 
 
14
SE 6
 
 
 
15
SE 7
 
 
 
16
SE 8
 
 
 
17
SE 1
 
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b.      Kelompok TK B

Pekan
TPP
Indikator
Konsep
Kegiatan
1
SE 1
1.      Menerima Ide Teman
RENDAH HATI
Bermain Balok
2.      Tidak memilih-milih teman
 
TOLERANSI
3.      Menyumbang Ide
 
PERCAYA DIRI
4.      Saling Membantu
SETIA KAWAN
2
SE 2
 
 
 
3
SE 3
 
 
 
4
SE 4
 
 
 
5
SE 5
 
 
 
6
SE 6
 
 
 
7
SE 7
 
 
 
8
SE 8
 
 
 
9
SE 9
 
 
 
10
SE 1
 
 
 
11
SE 2
 
 
 
12
SE 3
 
 
 
13
SE 4
 
 
 
14
SE 5
 
 
 
15
SE 6
 
 
 
16
SE 7
 
 
 
17
SE 8
 
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.      LEMBAR OBSERVASI PERILAKU ANAK

 

TIME SAMPLING

 

NAMA
AZIS
UMUR
5TAHUN
LOKASI
TK ABA GEDONGKIWO
HARI/TANGGAL
SABTU,29SEPTEMBER 2012
WAKTU
08.00-09.15
PENGAMAT
VIVI SUFIATI
FOKUS PENGAMATAN
AZIS MENGALAMI KESULITAN MENYELESAIKAN TUGAS.

 

KEJADIAN
PUKUL
CATATAN
Bercerita tentang perkembangbiakan binatang ayam.
08.15-08.40
Anak menjawab bahwa ayam itu beranak. Ketika dijelaskan guru anak cerita sendiri dengan teman sebangku telurnya besar dan anak saling mematuk-matuk dengan teman yang lain. ketika ada teman lain mencoba bercerita kembali, anak bermain gigit-gigitan dengan teman lain. ketika ditanya binatan yang halal selain ayam anak menjawab “bakso”
Menganyam bentuk sepatu
08.40-09.15
Anak meminta bagian kertas anyam lebih dari 1. Anak menganyam polanya masih salah seharusnya atas bawah, tapi anak atas atas baru bawah. Anak tidak sabar dalam menganyam, meminta petunjuk guru setelahdi beri petunjuk mencoba dapat sedikit kertasnya ditarik lagi karena tak sabar. Mencoba lagi terus ditarik lagi. Anak meminta bantuan orang tua temannya yang menunggu di dalam kelas, sementara dianyamkan orang tua tersebut anak asyik main gunting dengan temannya. Setelah sepatunya dapat dua anyaman dari orang tua teman anak menghapiri guru dan berkata tidak bisa. Ketika ditanya guru kenapa kertas ditarik lagi anak hanya senyum dan bilang minta diajari.

 

 

EVENT SMPLING

 

NAMA
FAIZ
UMUR
6 TAHUN
LOKASI
TK ABA GEDONGKIWO
HARI/TANGGAL
RABU, 3 OKTOBER 2012
WAKTU
07.50-08.40 WIB
PENGAMAT
VIVI SUFIATI
BIDANG
PENGEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL
KEJADIAN
JUMLAH SERING NAMPAR TEMANNYA

 

WAKTU
SEBAB KEJADIAN
PERILAKU
AKIBAT KEJADIAN
07.55
Bu guru menyapa kakak dari Deni yang masih menungguinya di kelas dengan sebutan mbk is. Kemudian Gading ikutan menyapa Faiz dengan sebutan “mbk is”
Faiz menampar Gading sambil bilang namaku Faiz.
Gading menghindari tamparan Faiz sehingga Faiz menghampiri ke samping tempat duduk Gading mencoba menampar lalu di pisah bu guru.
08.10
Bu guru bertanya kalau solat anak laki-laki pakai apa? Karena Faiz tidak memperhatikan buguru bertanya kalau solat pakai apa mas Faiz?fais menjawab rukuh dan ditertawakan temannya.
Faiz menarik kursi temannya lalu mencoba untuk menamparnya.
Temannya mengadu Faiz nakal kepada gurunya dan bu guru membenarkan posisi meja mereka agar tidak berdekatan.
08.23
Ketika pelajaran mewarnai tangan kanan Faiz mewarnai dengan pastel sedangkan tangan kirinya bermain-main menarik-narik tas Gading yang duduk di depannya.
Faiz menarik-narik tas Gading sehingga posisinya mau jatuh. Saat Gading marah Faiz mengangkat tangannya menakut-nakuti.
Gading merasa terganggu dan mengambil pastel Faiz sehingga Faiz meminta pastelnya dan janji tidak akan menarik-narik tas Gading.

 

 

 

ANECDOTAL RECORDS

 

NAMA ANAK
AZIZ
USIA
5 TH
LOKASI
TK ABA GEDONGKIWO
PENGAMAT
VIVI SUFIATI
BIDANG
MORAL AGAMA
TPP
Anak memahami pentingnya menjawab salam dan memakai kopyah(pakaian ibadah)

 

KEJADIAN
CATATAN
Bu guru membuka kegiatan belajar dengan mengucapkan salam ada anak yaitu Faiz yang menjawab salamnya dengan bercandaan dan berteriak Aziz melihat temannya yang kebetulan duduk di sebelahnya sambil menjawab salam dengan lembut setelah selesai Aziz mengingatkan temannya “walaikumsalame kenapa teriak-teriak” itu berdosa sama saja ngejek Alloh. Kemudian Faiz berkata biarin sambil mengambil kopyah yang dipakai Aziz lalu Aziz mengambilnya dan berkata mau baca iqro’ harus pakai kopyah biar dicintai Alloh. Aziz selalu memakai kopyah padahal dalam satu kelas tidak ada temannya yang memakai kopyah. Aziz juga mengingatkan Faiz ayo pakai kopyah.
Aziz mengingatkan Faiz untuk menjawab salam dengan benar supaya tidak mengejek Alloh dan memakai kopyah supaya disukai Alloh, Aziz juga tidak malu memakai kopyah meski tidak ada satupun anak yang memakai kopyah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RUNNING RECORD

 

NAMA
FAIS
UMUR
5TAHUN
LOKASI
TK ABA GEDONGKIWO
PENGAMAT
VIVI SUFIATI
TANGGAL/WAKTU
JUM’AT 19 NOVEMBER 2012, 07.30-10.00

 

TPP
HASIL PENGAMATAN
CATATAN
Kegiatan awal
Berbicara tidak berteriak-teriak (SE 8)
Faiz berbicara sendiri ketika buguru menerangkan berbicara sambil teriak-teriak itu tidak sopan. Faiz juga berhadapan dengan teman sebangkunya dan berteriak sambil bersamaan. Ketika ditegur bu guru “teriak itu tidak sopan, nanti tenggorokannya sakit”, dia menaruh kepala di atas meja sambil tutup telinga dan senyum-senyum.
Faiz tetap berbicara sambil berteriak meskipun sudah diberi tahu kalau itu tidak sopan.
Kegiatan inti 1
M embuat gambar dengan teknik colase, denngan memakai berbagai media (kertas, ampas kelapa, biji-bijian). (F 48)
Faiz memberikan tambahan mata pada gambar kupu-kupu di LKA. Saat menempel  Faiz mengambil lem untuk diletakkan di potongan kertas untuk kolase satu-satu tidak langsung di gambar. Tangan yang mengambil lem tidak hanya satu jari akibatnya potongan kertas nempel semua di jari Faiz. Dia  minta tolong temannya untuk mengambil potongan-potongan kertas yang ada di jari-jarrinya. Ketika untuk kedua kalinya dia meminta bantuan temannya, temannya menolak sehingga dia mengambil potongan kertas dengan digigit satu-satu. Karena terlalu banyak lem dan Faiz tidak melepas kertas colase yang terekat menumpuk, gambar Faiz jadi tidak rata ada yang tumpukan tertas tebel bergerombol ada yang Cuma selapis sehingga tidak rapi.
Faiz masih kurang terampil dalam menempel karena banyak kertas kolase yang menempel di jarinya waktu anak banyak tersita hanya untuk melepaskan potongan kertas kolase yang menempel pada jari.
Kegiatan inti 2
Meniru berbagai lambang huruf vokal dan konsonan (K 42)
Anak diminta memilih salah satu meniru tulisan di papan tulisan di papan tulis. Anak sudah memilih tapi ketika beda pilihannya dengan teman sebangkunya, anak ikut-ikutan menulis sama seperti temannya tersebut. Faiz menulis kupu-kupu yang lucu. Karena bu guru mengatakan kupu-kupu itu banyak kalau kupu cuma satu, Faiz menulis kupu-kupu yang lucu lucu. Kemudian disuruh temannya untuk menghapus, supaya sama dengan buguru Faiz menghapusnya. Ketika menulis dan satu baris tak cukup Fais tidak menulis dibaris bawahnya tapi di atasnya dan rata kanan bukan rata kiri.
Anak kurang percaya diri sehingga hanya ikut-ikutan teman. Anak belum paham kalau menulis setelah satu baris penuh harusnya menulis dibawahnya dan rata kiri.
Kegiatan inti 3
Memberi keterangan/ informasi tentang suatu hal (B 17)
Guru mengajak tanya jawab sebelum jadi kupu-kupu jadi apa dulu? Fais menjawab ulat. Setelah guru menjelaskan metamorfosis kupu-kupu, guru bertanya kupu-kupu makannya apa? Faiz menjawab “enthung”. Lalu bu guru kembali menjelaskan metamorfosis kupu-kupu, kalau kupu-kupu awalnya jadi enthung/ kepompong dulu.
Faiz kurang memahami informasi yang hanya sekali diberikan guru.
Kegiatan akhir:
Menyanyikan lagu tentang kupu-kupu
Fais tidak ikut bernyanyi awalnya lalu ikut bernyanyi tapi hanya akhir-akhir bait lagu saja dan pelan. Ketika diajari lagu baru bahasa inggris Faiz melihat gerak bibir temannya dan ikut-ikutan.
Faiz kurang hafal lagu yang dinyanyikan dan kesulitan menirukan kata dari bahasa asing.

 

FORMAT DESCRIPTION OF COGNITIVE TASK

EXPERIMENT  BIDANG SCIENCES

 

TGL: 27 OKTOBER 2012
NAMA PENGAMAT: VIVI SUFIATI
NAMA ANAK : ADIT
KEMAMPUAN
TUGAS
KINERJA
KEG. PEMBELAJARAN
Mengamati
Membedakan mana kendaraan di laut, di udara, dan di darat dari gambar.
Y
 
Membuat Perahu Kertas dan Menjalankannya Di Atas Air
 
Bahan : kertas lipat, air
Alat    : ember, pengaduk
 
Langkah kerja:
Pengamatan I
1.      Membuat perahu kertas dari kertas lipat.
2.      Meletakkan perahu kertas di atas air tenang, lalu mengaduk-aduk air.
3.      Mengamati perbedaan perahu saat air tenang dan air diobok-obok.
Pengamatan II
1.      Melubangi satu perahu, dan yang satu dibiarkan rapi tanpa lubang.
2.      Meletakkan keduanya diatas air dan menghitung bersama sampai ada perahu yang tenggelam.
Bincang-bincang tentang pembelajaran yang baru saja dilakukan.
Mengidentifikasi
Membuat perahu kertas bersama dan menyebutkan nama bentuk dari kertas tersebut serta termasuk transportasi dimana?
Y
 
Menggambarkan keadaan
Membedakan keadaan perahu ketika air diobok-obok dengan ketika air tenang.
Y
 
Memilah
Membandingkan 2 perahu yang sama tetapi yang satu dilubangi bagian bawahnya dan yang satu rapi tanpa lubang.mana yang tenggelam.
Y
 
Merancang penyelidikan
Mencari hubungan perahu kertas dengan air.
Y
 
Mengumpulkan data
Menghitung bersama pada hitungan ke berapa perahu tenggelam.
 
 
T
Menafsirkan data
Mengenal hubungan sebab akibat
Y
 
Mempresentasikan
Menceritakan permainan yang dilakukan dan memperkirakan akibat.
Y
 
Menyimpulkan
Menerapkan pada situasi lain.
 
T
JUMLAH
7
2
Score 7/9 x 100 = 77,78

 

Keterangan :

Y : mampu

T : belum mampu

 

 

 

 

INSTRUMEN KONTRAK BELAJAR

PENGAMAT : VIVI SUFIATI

NIM : 10111241031

PG PAUD VA

 

Bidang
Perkembangan motorik kasar
Usia
5-6 tahun
Tpp
Melakukan koordinasi gerakan kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam.(MK 2)
Kegiatan
Menari tari kupu untuk pelepasan siswa PAUD HIDAYAH 1 JUNI 2012
Jadwal
Rabu
Sabtu
FOKUS
Latihan menggerakkan tangan untuk menari  tanpa musik (meniru guru).
(6 JUNI 2012)
Latihan menari dengan koordinasi tangan kepala tanpa musik (meniru guru). (9 JUNI 2012)
Latihan menari dengan gerakan lengkap (kaki-tangan-kepala) tapi masih patah-patah. (meniru guru).
(13 JUNI 2012)
 
Mulai menari dengan musik bersama guru.
(16 JUNI 2012)
Mulai menari dengan ekspresi dan tanpa guru.
(20 JUNI 2012)
Latihan menari dalam formasi tari bersama kelompok.
(23 JUNI 2012)
Menari dengan tambahan gerak atau formasi masuk panggung dan keluar panggung.
(27 JUNI2012)
Mulai latian menari lengkap dengan teman-teman dan guru sebagai penonton.(gladi resik).
(30 JUNI 2012)

 

 

 

 

 

 

 

 

3.      PEDOMAN WAWANCARA MENGUNGKAP PENGETAHUAN ANAK

FORMAT  WAWANCARA / PERCAKAPAN SPONTAN

PENGAMAT : VIVI SUFIATI

NIM : 10111241031

PG PAUD VA

 

NAMA ANAK
KIKI
PENGAMAT
VIVI SUFIATI
SUB-TEMA
AIR
KEGIATAN
TANYA JAWAB TENTANG AIR MINUM

 

BENTUK PERTANYAAN
MENYIMAK
MENGUNGKAPKAN
APA
Apa yang kamu minum?
Kiki memainkan dotnya, melepaskan dari mulut lalu ngedot lagi.
Mimik susu...
SIAPA
Siapa yang membuat minuman untukmu?
Menunjuk ke arah neneknya.
Simbah
KAPAN
Kapan air bisa diminum?
Meletakkan botol susu
Kalau mau bobok minum susu.
DIMANA
Dimana tempat mendapatkan air?
Kiki memainkan botol susu kosong dengan di kocok-kocok. Sambil lari ketempt cuci piring.
Dari bak.
PILIH MANA
Lebih suka minum air putih atau air yang manis?
Kiki melihat pengamat seperti sedang berfikir.
Apa ya tante?hemm Air putih dingin.
BAGAIMANA
Bagaimana agar air bisa diminum?
Kiki duduk mendengar pertanyaan.
Dimasak biar panas gek di kasih di kulkas biar dingin tante....
MENGAPA
Mengapa air minum bisa jadi manis?
Menirukan mengaduk gula dalam gelas.
Dikasih gula gek diaduk-aduk pake sendok gek diminum.


 

 

INSTRUMEN TES LISAN BERBENTUK RATING SCALE

 

Bidang
Pengembangan kognitif
Tema
Makanan
Sub tema
Macam-macam rasa makanan dan minuman
Usia
3-4 tahun
Kegiatan
Tanya jawab rasa makanan dan minuman.

 

No
Tingkat pencapaian perkembangan
Hal yang dinilai
Daftar pertanyaan
1.
Menyebutkan berbagai nama makanan dan rasanya.(KA.2)
Tahu rasa makanan dan minuman yang disediakan.
Kalau permen itu rasanya gimana?
Kalau air garam rasanya gimana?
Kalau cabai itu rasanya gimana?
Tadi yang rasanya manis apa namanya?
Tadi yang rasanya asin apa ?
Tadi yang rasanya pedas apa namanya?
Kriteria penilaian
Score 0
Score 1
Score 2
Score 3
0 jawaban
1-2 jawaban
3-4 jawaban
5-6 jawaban

 



 

 

 

 

 

 

 

4.      RUN DOWN (JEJAK LANGKAH) DOKUMEN PORTFOLIOS PERKEMBANGAN ANAK

FORMAT KUMPULAN PERKEMBANGAN MONUMENTAL

Nama Anak : Elysa Dwi Nurfalinda
Usia : 4-5 tahun
Pengamat :  Vivi Sufiati
 
Tanggal : Oktober -November 2012
CHECKLIST BIDANG PENGEMBANGAN
Dokumentasi foto lihat Lampiran
 
Berfikir, berargumentasi, pemecahan masalah
 
Kompetensi sosial-emosional
 
Perkembangan Motorik Kasar
V
Perkembangan Motorik Halus
 
Bahasa dan Komunikasi
 
Perkembangan Membaca/menulis
V
Perkembangan Kreativitas
CHECKLIST KONTEKS PENGAMATAN
 
Inisiatif anak
 
Bekerja dengan bimbingan orang dewasa
V
Inisiatif guru
 
Bekerja dengan teman
V
Tugas baru untuk anak
 
Waktu yang digunakan (1-5 menit)
 
Tugas yang dikenal anak
 
Waktu yang digunakan (5-15 menit)
V
Bekerja mandiri
V
Waktu yang digunakan (>15 menit)
Catatan :
Tugas ini anak diminta untuk mlukis di media yang berbeda tampah sebagai media yang bertekstur tanpa diberi contoh terlebih dahulu melukis di atas tampah. Anak mampu mengembangkan motorik halus yang anak miliki dengan baik, perkembangan kreativitas anak sangat baik. Anak bisa melukis dengan media yang tidak biasa, yaitu pada media yang bertekstur (tampah). Guru sebelumnya hanya mengajarkan anak melukis di atas kertas tapi setelah ada perintah menggambar di atas tampah anak mampu.

 

Nama Anak : Elysa Dwi Nurfalinda
Usia : 4-5 tahun
Pengamat :  Vivi Sufiati
 
 
CHECKLIST BIDANG PENGEMBANGAN
 
 
Berfikir, berargumentasi, pemecahan masalah
 
Kompetensi sosial-emosional
 
Perkembangan Motorik Kasar
V
Perkembangan Motorik Halus
 
Bahasa dan Komunikasi
 
Perkembangan Membaca/menulis
V
Perkembangan Kreativitas
CHECKLIST KONTEKS PENGAMATAN
 
Inisiatif anak
 
Bekerja dengan bimbingan orang dewasa
V
Inisiatif guru
 
Bekerja dengan teman
V
Tugas baru untuk anak
 
Waktu yang digunakan (1-5 menit)
 
Tugas yang dikenal anak
 
Waktu yang digunakan (5-15 menit)
V
Bekerja mandiri
V
Waktu yang digunakan (>15 menit)

 

 

Nama Anak : Elysa Dwi Nurfalinda
Usia : 4-5 tahun
Pengamat :  Vivi Sufiati
 
Tanggal : Oktober  2012
CHECKLIST BIDANG PENGEMBANGAN
Gambar 1.1 melukis di kertas dengan pensil warna
 
Berfikir, berargumentasi, pemecahan masalah
 
Kompetensi sosial-emosional
 
Perkembangan Motorik Kasar
V
Perkembangan Motorik Halus
 
Bahasa dan Komunikasi
 
Perkembangan Membaca/menulis
V
Perkembangan Kreativitas
CHECKLIST KONTEKS PENGAMATAN
 
Inisiatif anak
 
Bekerja dengan bimbingan orang dewasa
V
Inisiatif guru
 
Bekerja dengan teman
 
Tugas baru untuk anak
 
Waktu yang digunakan (1-5 menit)
V
Tugas yang dikenal anak
 
Waktu yang digunakan (5-15 menit)
V
Bekerja mandiri
V
Waktu yang digunakan (>15 menit)
Nama Anak : Elysa Dwi Nurfalinda
Usia : 4-5 tahun
Pengamat :  Vivi Sufiati
 
Tanggal : Oktober 2012
CHECKLIST BIDANG PENGEMBANGAN
i
Gambar 1.2 melukis dengan cat air dan benang
 
Berfikir, berargumentasi, pemecahan masalah
 
Kompetensi sosial-emosional
 
Perkembangan Motorik Kasar
V
Perkembangan Motorik Halus
 
Bahasa dan Komunikasi
 
Perkembangan Membaca/menulis
V
Perkembangan Kreativitas
CHECKLIST KONTEKS PENGAMATAN
 
Inisiatif anak
 
Bekerja dengan bimbingan orang dewasa
V
Inisiatif guru
 
Bekerja dengan teman
V
Tugas baru untuk anak
 
Waktu yang digunakan (1-5 menit)
 
Tugas yang dikenal anak
V
Waktu yang digunakan (5-15 menit)
V
Bekerja mandiri
 
Waktu yang digunakan (>15 menit)

FORMAT KUMPULAN PERKEMBANGAN MONUMENTAL

 

Nama Anak : Elysa Dwi Nurfalinda
Usia : 4-5 tahun
Pengamat :  Vivi Sufiati
 
 
CHECKLIST BIDANG PENGEMBANGAN
Gambar 1.3 melukis di tampah dengan cat
 
Berfikir, berargumentasi, pemecahan masalah
 
Kompetensi sosial-emosional
 
Perkembangan Motorik Kasar
V
Perkembangan Motorik Halus
 
Bahasa dan Komunikasi
 
Perkembangan Membaca/menulis
V
Perkembangan Kreativitas
CHECKLIST KONTEKS PENGAMATAN
 
Inisiatif anak
 
Bekerja dengan bimbingan orang dewasa
V
Inisiatif guru
 
Bekerja dengan teman
V
Tugas baru untuk anak
 
Waktu yang digunakan (1-5 menit)
 
Tugas yang dikenal anak
 
Waktu yang digunakan (5-15 menit)
V
Bekerja mandiri
V
Waktu yang digunakan (>15 menit)
Catatan :
Tugas pertama anak menggambar di kertas dengan pensil warna anak telah mampu melakukannya karena sering dilakukan di rumah. Setelah itu ada peningkatan tugas untuk anak yaitu menggunakan cat air dan benang hasilnya anak terlalu kuat menarik benang sehingga kertasnya sobek. Untuk tugas ke tiga anak diminta untuk mlukis di media yang berbeda tampah sebagai media yang bertekstur tanpa diberi contoh terlebih dahulu melukis di atas tampah. Anak mampu mengembangkan motorik halus yang anak miliki dengan baik, perkembangan kreativitas anak sangat baik. Anak bisa melukis dengan media yang tidak biasa, yaitu pada media yang bertekstur (tampah). Guru sebelumnya hanya mengajarkan anak melukis di atas kertas tapi setelah ada perintah menggambar di atas tampah anak mampu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.      TEKNIK ANALISIS DATA KUALITATIF PERKEMBANGAN ANAK

 

FORMAT DEVELOPMENTAL CHECKLISTS

 

BIDANG
PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN
TEMA/SUB-TEMA
BINATANG BERSAYAP/KUPU-KUPU
TEKNIK PENGUMPULAN INFORMASI
MENGAMATI KEMAMPUAN UNJUK GERAK ANAK
HAL YANG DINILAI
MENIRUKAN GERAKAN TARI KUPU-KUPU
TPP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KRITERIA PENILAIAN
Melakukan koordinasi gerakan kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam (MK 2)
Latihan gerakan tangan
Latihan gerakan tangan kaki
Latihan gerakan tangan kaki dan kepala dengan ekspresi
Latihan tanpa musik
Latihan gerak tari dengan musik sesuai irama
 
Anak mampu menselaraskan gerakan koordinasi tangan kaki dan kepala dengan ekspresi  baik dengan musik maupun hanya dengan hitungan.
CHECKLISTS KEMAMPUAN ANAK
No
DAFTAR KEMAMPUAN ANAK
YA
TIDAK
1.
Anak mampu menggerakkan tangan sesuai gerakan yang dilakukan guru
V
 
2.
Anak mampu melakukan koordinasi tangan dan kaki sesuai gerakan yang dilakukan guru.
V
 
3.
Anak mampu melakukan koordinasi tangan kaki dan kepala dengan sesuai gerakan yang dilakukan guru
V
 
4.
Anak mampu melakukan gerakan tangan dengan selendang (sampur) disertai gerak kaki dan kepala dengan sesuai gerakan yang dilakukan guru.
V
 
5.
Anak mampu melakukan koordinasi tangan kaki dan kepala sesuai gerakan yang dilakukan guru dan hitungan yang tepat.
V
 
6.
Anak mampu melakukan gerakan tari sampai selesai dengan ekspresi dan musik.
V
 
7.
Anak mampu menirukan gerakan tari dalam 1 kelompok dengan hitungan.
V
 
8.
Anak mampu menirukan gerakan tari dalam 1 kelompok dengan musik.
 
V
ANALISIS DAN PENAFSIRAN DATA
BELUM
PROSES
BERHASIL
Jumlah Ya ada 2 atau kurang
Jumlah Ya ada 3-5
Jumlah Ya ada  6  atau lebih

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NUMERICAL RATING SCALES:

LEARNING ACTIVITIES PERKEMBANGAN BAHASA

 

Nama Anak
Elisa Dwi Nurfalinda
Nama Guru
Prabandari
Kelompok
B1 (5-6 tahun)
Tanggal
15/12/2012
Bidang
Perkembangan Bahasa
Tema/sub-tema
Binatang/makanan binatang di hutan
RENTANG PENILAIAN
1=jauh di bawah
2=di bawah
3=sesuai perkiraan
4=di atas
5=jauh di atas
BERILAH TANDA CENTANG PADA KOLOM YANG TERSEDIA
Penilaian
1
2
3
4
5
Catatan
Menerima Bahasa: memahami aturan dalam suatu permainan (TPP A3)
Anak ikut bermain tanpa tahu aturan main
 
 
 
 
V
 
Anak ikut bermain, tahu aturan main tapi tidak menaati aturan main
 
 
 
V
 
 
Anak ikut bermain, tahu bermain dan menaati aturan main
 
 
V
 
 
3
Mengungkapkan Bahasa: melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan (TPP B6)
Melanjutkan cerita hanya pada bagian yang disukai
 
 
 
V
 
 
Melanjutkan cerita hanya sebagian saja harus ditanya kelanjutan baru mau melanjutkan lagi sampai akhir.
 
 
V
 
 
3
Melanjutkan cerita dengan runtut sampai akhir
 
V
 
 
 
 
Keaksaraan: menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama (TPP C3)
Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki huruf awal yang sama.
 
 
 
V
 
 
Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi awal yang sama
 
 
 
V
 
 
Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki huruf serta bunyi awal yang sama
 
 
V
 
 
3
 
RANGKUMAN PENILAIAN
Penilaian
Peninjauan Hari ini
Dibandingkan Peninjauan Hari Sebelumnya
Jauh di atas perkiraan
Sesuai Perkiraan
Jauh di bawah perkiraan
Meningkat
Sama
Menurun
Menerima Bahasa
 
V
 
 
 
 
Mengukapkan Bhs
 
V
 
 
 
 
Keaksaraan
 
V
 
 
 
 

 

Catatan : yang di blok adalah perkiraan guru untuk anak.

Kesimpulan : dalam penilaian menerima bahasa, mengungkapkan bahasa, dan keaksaraan anak sesuai dengan perkiraan yang di buat guru.


 

GRAPHIC RATING SCALES:

LEARNING ACTIVITIES PERKEMBANGAN NILAI AGAMA & MORAL

 

Nama Anak
Rizky
Nama Guru
Nuryatun
Kelompok
A (4-5 tahun)
Tanggal
15/12/2012
Bidang
Perkembangan Nilai Agama-moral
Tema/sub-tema
Alam semesta/ mahluk hidup
GARIS KONTINUM PENILAIAN
TP=tidak pernah
JR=jarang
KD=kadang2
SR=sering
SL=selalu
BERILAH TANDA CENTANG PADA KOLOM YANG TERSEDIA
Penilaian
TP
JR
KD
SR
SL
Catatan
Nilai Agama & Moral: membiasakan diri berperilaku baik (TPP NAM5)
Berperilaku baik pada diri sendiri
 
 
 
 
V
5
Berperilaku baik pada guru
 
 
 
 
V
5
Berperilaku baik pada teman
 
 
 
V
 
4
Berperilaku baik pada saudara
 
 
V
 
 
3
Berperilaku baik pada ayah
 
 
 
 
V
5
Berperilaku baik pada ibu
 
 
 
 
V
5
Berperilaku baik pada orang yang lebih tua
 
 
 
 
V
5
Berperilaku baik pada tumbuhan
 
 
 
V
 
4
Berperilaku baik pada hewan
 
 
 
V
 
4
Skor                                                                                          40/45 x 100% = 88,8%
RANGKUMAN PENILAIAN
Penilaian
Peninjauan Hari ini
Dibandingkan Peninjauan Hari Sebelumnya
Selalu
Kadang2
Tidak Pernah
Meningkat
Sama
Menurun
Pembiasaan berperilaku baik
V
 
 
 
 
 

 

 

 

 

 

 

RUBRICS HOLISTIC SCALE

 BIDANG
PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN
TEMA/SUB-TEMA
Olahraga /bola untuk olah raga.
TEKNIK PENGUMPULAN INFORMASI
MENGAMATI KEMAMPUAN UNJUK KERJA ANAK
HAL YANG DINILAI
Menghitung benda dengan warna dan bentuk yang sama dan mencocokkan dengan lambang bilangannya.
TPP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
HOLISTICS SCALE
Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan (K.C2)
Disiapkan miniatur bola kaki, bola basket, dan bola kasti serta keranjang yang ditempeli gambar bola tersebut. Anak di minta mengelompokkan bola yang memiliki jenis dan warna yang sama untuk dimasukkan dalam kotak yang depannya bergambar bola tersebut. Setelah selesai mengklasifikasikan anak diminta menghitung bola dalam kotak. Terakhir anak mencocokkan jumlah bola dalam kotak dengan lambang bilangan yang tersedia. Lambang bilangan tersebut di tempel pada kotak.
Deskriptor
Warna
Jenis  
Mengklasifikasi 
Menghitung
Mencocokkan
KRITERIA PENILAIAN
0
1
2
3
4
Menguasai kurang dari 1 deskriptor
Menguasai 2 deskriptor
Menguasai 3 deskriptor
Menguasai 4 deskriptor
Menguasai lebih dari 5 deskriptor

 


 

RUBRICS ANALYTIC SCALE

BIDANG
PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN
TEMA/SUB-TEMA
TUMBUHAN/BERKEBUN
TEKNIK PENGUMPULAN INFORMASI
MENGAMATI KEMAMPUAN UNJUK KERJA ANAK
HAL YANG DINILAI
ANAK MAMPU BERKEBUN MERAWAT  TUMBUHAN AGAR SUBUR
TPP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ANALYTIC SCALE
Mengenal sebab akibat tentang lingkungannya (angin bertiup menyebabkan daun bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah).(K.A4)
Anak berkebun dengan memberi pupuk pada tumbuhan di taman, menyirami, lalu bersama-sama menjabuti tanaman pengganggu serta meletakkan tanaman yang ada di pot ke taman yang cukup terkena sinar matahari.
1.   Mengenali penyebab tumbuhan dapat subur
2.   Menyelesaikan masalah: praktik langsung
3.   Hasil penyelesaian: bisa atau tidak bisa
Mengetahui penyebab tumbuhan bisa hidup subur
0
1
2
3
4
Tidak berusaha merawat tumbuhan
1.      Tumbuhan subur karena diberi pupuk.
 
1.      Tumbuhan subur karena diberi pupuk.
2.      Tumbuhan subur karena disiram air.
 
1.      Tumbuhan subur karena diberi pupuk.
2.      Tumbuhan subur karena disiram air.
3.      Tumbuhan subur karena tanaman pengganggunya dicabuti.
1.      Tumbuhan subur karena diberi pupuk.
2.      Tumbuhan subur karena disiram air.
3.      Tumbuhan subur karena tanaman pengganggunya dicabuti.
4.      Tumbuhan subur karena cukup matahari.
Menyelesaikan Masalah dengan praktik langsung
0
1
2
3
4
Tidak praktik langsung berkebun
o Tidak memberi pupuk.
o Tidak menyiram tanaman
o Tidak mencabuti rumput
o Memindahkan tanaman ke tempat yang terkena sinar matahari.
o memberi pupuk.
o Tidak menyiram tanaman
o Tidak mencabuti rumput
o Memindahkan tanaman ke tempat yang terkena sinar matahari.
o memberi pupuk.
o menyiram tanaman
o Tidak mencabuti rumput
o Memindahkan tanaman ke tempat yang terkena sinar matahari.
o memberi pupuk.
o menyiram tanaman
o mencabuti rumput.
o Memindahkan tanaman ke tempat yang terkena sinar matahari.
Hasil Penyelesaian berkebun
0
1
2
Anak tidak menguasai prosedur cara berkebun agar tanamannya subur.
Anak menguasai sebagian prosedur cara berkebun agar tanamannya subur.
Anak menguasai semua prosedur cara berkebun agar tanamannya subur.

 


 

RUBRICS DEVELOPMENTAL SCALE

BIDANG
PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN
TEMA/SUB-TEMA
BINATANG/BINATANG DI DARAT
TEKNIK PENGUMPULAN INFORMASI
MENGAMATI KEMAMPUAN UNJUK KERJA ANAK
HAL YANG DINILAI
HURUF DAN BUNYI YANG DAPAT DIKLASIFIKASIKAN OLEH ANAK
TPP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
DEVELOPMENTAL SCALE
Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama (BHS.C3)
Guru menunjukkan gambar binatang di darat Babi, Badak, Beruang, Kerbau, Kera, Kambing kemudian anak menyebutkan nama dari masing-masing gambar tersebut.
Tahap 1: menyebutkan binatang yang memiliki huruf awal yang sama*
Tahap 2: menyebutkan binatang yang memiliki bunyi awal yang sama.*
Tahap 3: Menyebutkan binatang yang memiliki huruf dan bunyi awal yang sama.
Tahap 4: Menyebutkan binatang yang punya huruf awal sama tapi bunyi awalnya berbeda.
KRITERIA PENILAIAN
0
1
2
3
4
Tidak menyebutkan bunyi atau huruf awal yang sama.
Mengklasifikasi huruf/bunyi tahap 1 saja
Mengklasifikasi huruf/bunyi tahap 1-2
Mengklasifikasi huruf/bunyi tahap 1-3
Mengklasifikasi huruf/bunyi tahap 1-4

Catatan : tanda * = tahap yang mampu dilakukan anak

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Sarah mengatakan...

isinya bermanfaat banget. makasih mbk. tp kok nggak full kelhatan ?

Posting Komentar