1.
PEMETAAN
TPP
a. Kelompok
TK A
Pekan
|
TPP
|
Indikator
|
Konsep
|
Kegiatan
|
1
|
SE 1
|
|
|
|
2
|
SE 2
|
|
|
|
3
|
SE 3
|
|
|
|
4
|
SE 4
|
|
|
|
5
|
SE 5
|
|
|
|
6
|
SE 6
|
1.
Berinisiatif
menjawab pertanyaan
|
PERCAYA DIRI
|
|
2.
Tampil di
depan kelas
|
KEPEMIMPINAN
|
|
||
3.
Mau menjadi
pemimpin
|
KEPEMIMPINAN
|
|
||
4. Berani bertanya, mengungkapkan pendapat dan
keinginan
|
PERCAYA DIRI
|
|
||
5. Mau menyelesaikan tugas sendiri.
|
ULET DAN MANDIRI
|
MENGGAMBAR BEBAS
|
||
7
|
SE 7
|
|
|
|
8
|
SE 8
|
|
|
|
9
|
SE 1
|
|
|
|
10
|
SE 2
|
|
|
|
11
|
SE 3
|
|
|
|
12
|
SE 4
|
|
|
|
13
|
SE 5
|
|
|
|
14
|
SE 6
|
|
|
|
15
|
SE 7
|
|
|
|
16
|
SE 8
|
|
|
|
17
|
SE 1
|
|
|
|
b. Kelompok
TK B
Pekan
|
TPP
|
Indikator
|
Konsep
|
Kegiatan
|
1
|
SE 1
|
1. Menerima Ide Teman
|
RENDAH HATI
|
Bermain Balok
|
2. Tidak memilih-milih teman
|
TOLERANSI
|
|||
3. Menyumbang Ide
|
PERCAYA DIRI
|
|||
4.
Saling
Membantu
|
SETIA KAWAN
|
|||
2
|
SE 2
|
|
|
|
3
|
SE 3
|
|
|
|
4
|
SE 4
|
|
|
|
5
|
SE 5
|
|
|
|
6
|
SE 6
|
|
|
|
7
|
SE 7
|
|
|
|
8
|
SE 8
|
|
|
|
9
|
SE 9
|
|
|
|
10
|
SE 1
|
|
|
|
11
|
SE 2
|
|
|
|
12
|
SE 3
|
|
|
|
13
|
SE 4
|
|
|
|
14
|
SE 5
|
|
|
|
15
|
SE 6
|
|
|
|
16
|
SE 7
|
|
|
|
17
|
SE 8
|
|
|
|
2.
LEMBAR
OBSERVASI PERILAKU ANAK
TIME
SAMPLING
NAMA
|
AZIS
|
UMUR
|
5TAHUN
|
LOKASI
|
TK
ABA GEDONGKIWO
|
HARI/TANGGAL
|
SABTU,29SEPTEMBER
2012
|
WAKTU
|
08.00-09.15
|
PENGAMAT
|
VIVI
SUFIATI
|
FOKUS
PENGAMATAN
|
AZIS
MENGALAMI KESULITAN MENYELESAIKAN TUGAS.
|
KEJADIAN
|
PUKUL
|
CATATAN
|
Bercerita
tentang perkembangbiakan binatang ayam.
|
08.15-08.40
|
Anak
menjawab bahwa ayam itu beranak. Ketika dijelaskan guru anak cerita sendiri
dengan teman sebangku telurnya besar dan anak saling mematuk-matuk dengan
teman yang lain. ketika ada teman lain mencoba bercerita kembali, anak
bermain gigit-gigitan dengan teman lain. ketika ditanya binatan yang halal
selain ayam anak menjawab “bakso”
|
Menganyam
bentuk sepatu
|
08.40-09.15
|
Anak
meminta bagian kertas anyam lebih dari 1. Anak menganyam polanya masih salah
seharusnya atas bawah, tapi anak atas atas baru bawah. Anak tidak sabar dalam
menganyam, meminta petunjuk guru setelahdi beri petunjuk mencoba dapat
sedikit kertasnya ditarik lagi karena tak sabar. Mencoba lagi terus ditarik
lagi. Anak meminta bantuan orang tua temannya yang menunggu di dalam kelas,
sementara dianyamkan orang tua tersebut anak asyik main gunting dengan
temannya. Setelah sepatunya dapat dua anyaman dari orang tua teman anak
menghapiri guru dan berkata tidak bisa. Ketika ditanya guru kenapa kertas
ditarik lagi anak hanya senyum dan bilang minta diajari.
|
EVENT
SMPLING
NAMA
|
FAIZ
|
UMUR
|
6
TAHUN
|
LOKASI
|
TK
ABA GEDONGKIWO
|
HARI/TANGGAL
|
RABU,
3 OKTOBER 2012
|
WAKTU
|
07.50-08.40
WIB
|
PENGAMAT
|
VIVI
SUFIATI
|
BIDANG
|
PENGEMBANGAN
SOSIAL-EMOSIONAL
|
KEJADIAN
|
JUMLAH
SERING NAMPAR TEMANNYA
|
WAKTU
|
SEBAB KEJADIAN
|
PERILAKU
|
AKIBAT KEJADIAN
|
07.55
|
Bu
guru menyapa kakak dari Deni yang masih menungguinya di kelas dengan sebutan
mbk is. Kemudian Gading ikutan menyapa Faiz dengan sebutan “mbk is”
|
Faiz
menampar Gading sambil bilang namaku Faiz.
|
Gading
menghindari tamparan Faiz sehingga Faiz menghampiri ke samping tempat duduk
Gading mencoba menampar lalu di pisah bu guru.
|
08.10
|
Bu
guru bertanya kalau solat anak laki-laki pakai apa? Karena Faiz tidak
memperhatikan buguru bertanya kalau solat pakai apa mas Faiz?fais menjawab
rukuh dan ditertawakan temannya.
|
Faiz
menarik kursi temannya lalu mencoba untuk menamparnya.
|
Temannya
mengadu Faiz nakal kepada gurunya dan bu guru membenarkan posisi meja mereka
agar tidak berdekatan.
|
08.23
|
Ketika
pelajaran mewarnai tangan kanan Faiz mewarnai dengan pastel sedangkan tangan
kirinya bermain-main menarik-narik tas Gading yang duduk di depannya.
|
Faiz
menarik-narik tas Gading sehingga posisinya mau jatuh. Saat Gading marah Faiz
mengangkat tangannya menakut-nakuti.
|
Gading
merasa terganggu dan mengambil pastel Faiz sehingga Faiz meminta pastelnya
dan janji tidak akan menarik-narik tas Gading.
|
ANECDOTAL
RECORDS
NAMA
ANAK
|
AZIZ
|
USIA
|
5
TH
|
LOKASI
|
TK
ABA GEDONGKIWO
|
PENGAMAT
|
VIVI
SUFIATI
|
BIDANG
|
MORAL
AGAMA
|
TPP
|
Anak
memahami pentingnya menjawab salam dan memakai kopyah(pakaian ibadah)
|
KEJADIAN
|
CATATAN
|
Bu
guru membuka kegiatan belajar dengan mengucapkan salam ada anak yaitu Faiz
yang menjawab salamnya dengan bercandaan dan berteriak Aziz melihat temannya
yang kebetulan duduk di sebelahnya sambil menjawab salam dengan lembut
setelah selesai Aziz mengingatkan temannya “walaikumsalame kenapa
teriak-teriak” itu berdosa sama saja ngejek Alloh. Kemudian Faiz berkata
biarin sambil mengambil kopyah yang dipakai Aziz lalu Aziz mengambilnya dan
berkata mau baca iqro’ harus pakai kopyah biar dicintai Alloh. Aziz selalu
memakai kopyah padahal dalam satu kelas tidak ada temannya yang memakai
kopyah. Aziz juga mengingatkan Faiz ayo pakai kopyah.
|
Aziz
mengingatkan Faiz untuk menjawab salam dengan benar supaya tidak mengejek
Alloh dan memakai kopyah supaya disukai Alloh, Aziz juga tidak malu memakai
kopyah meski tidak ada satupun anak yang memakai kopyah.
|
RUNNING
RECORD
NAMA
|
FAIS
|
UMUR
|
5TAHUN
|
LOKASI
|
TK
ABA GEDONGKIWO
|
PENGAMAT
|
VIVI
SUFIATI
|
TANGGAL/WAKTU
|
JUM’AT
19 NOVEMBER 2012, 07.30-10.00
|
TPP
|
HASIL PENGAMATAN
|
CATATAN
|
Kegiatan
awal
Berbicara
tidak berteriak-teriak (SE 8)
|
Faiz
berbicara sendiri ketika buguru menerangkan berbicara sambil teriak-teriak
itu tidak sopan. Faiz juga berhadapan dengan teman sebangkunya dan berteriak
sambil bersamaan. Ketika ditegur bu guru “teriak itu tidak sopan, nanti
tenggorokannya sakit”, dia menaruh kepala di atas meja sambil tutup telinga
dan senyum-senyum.
|
Faiz
tetap berbicara sambil berteriak meskipun sudah diberi tahu kalau itu tidak
sopan.
|
Kegiatan
inti 1
M
embuat gambar dengan teknik colase, denngan memakai berbagai media (kertas,
ampas kelapa, biji-bijian). (F 48)
|
Faiz
memberikan tambahan mata pada gambar kupu-kupu di LKA. Saat menempel Faiz mengambil lem untuk diletakkan di
potongan kertas untuk kolase satu-satu tidak langsung di gambar. Tangan yang
mengambil lem tidak hanya satu jari akibatnya potongan kertas nempel semua di
jari Faiz. Dia minta tolong temannya
untuk mengambil potongan-potongan kertas yang ada di jari-jarrinya. Ketika
untuk kedua kalinya dia meminta bantuan temannya, temannya menolak sehingga
dia mengambil potongan kertas dengan digigit satu-satu. Karena terlalu banyak
lem dan Faiz tidak melepas kertas colase yang terekat menumpuk, gambar Faiz
jadi tidak rata ada yang tumpukan tertas tebel bergerombol ada yang Cuma
selapis sehingga tidak rapi.
|
Faiz
masih kurang terampil dalam menempel karena banyak kertas kolase yang
menempel di jarinya waktu anak banyak tersita hanya untuk melepaskan potongan
kertas kolase yang menempel pada jari.
|
Kegiatan
inti 2
Meniru
berbagai lambang huruf vokal dan konsonan (K 42)
|
Anak
diminta memilih salah satu meniru tulisan di papan tulisan di papan tulis.
Anak sudah memilih tapi ketika beda pilihannya dengan teman sebangkunya, anak
ikut-ikutan menulis sama seperti temannya tersebut. Faiz menulis kupu-kupu
yang lucu. Karena bu guru mengatakan kupu-kupu itu banyak kalau kupu cuma
satu, Faiz menulis kupu-kupu yang lucu lucu. Kemudian disuruh temannya untuk
menghapus, supaya sama dengan buguru Faiz menghapusnya. Ketika menulis dan
satu baris tak cukup Fais tidak menulis dibaris bawahnya tapi di atasnya dan
rata kanan bukan rata kiri.
|
Anak
kurang percaya diri sehingga hanya ikut-ikutan teman. Anak belum paham kalau
menulis setelah satu baris penuh harusnya menulis dibawahnya dan rata kiri.
|
Kegiatan
inti 3
Memberi
keterangan/ informasi tentang suatu hal (B 17)
|
Guru
mengajak tanya jawab sebelum jadi kupu-kupu jadi apa dulu? Fais menjawab
ulat. Setelah guru menjelaskan metamorfosis kupu-kupu, guru bertanya
kupu-kupu makannya apa? Faiz menjawab “enthung”. Lalu bu guru kembali
menjelaskan metamorfosis kupu-kupu, kalau kupu-kupu awalnya jadi enthung/
kepompong dulu.
|
Faiz
kurang memahami informasi yang hanya sekali diberikan guru.
|
Kegiatan
akhir:
Menyanyikan
lagu tentang kupu-kupu
|
Fais
tidak ikut bernyanyi awalnya lalu ikut bernyanyi tapi hanya akhir-akhir bait
lagu saja dan pelan. Ketika diajari lagu baru bahasa inggris Faiz melihat
gerak bibir temannya dan ikut-ikutan.
|
Faiz
kurang hafal lagu yang dinyanyikan dan kesulitan menirukan kata dari bahasa
asing.
|
FORMAT DESCRIPTION OF COGNITIVE TASK
EXPERIMENT
BIDANG SCIENCES
TGL: 27
OKTOBER 2012
|
NAMA PENGAMAT:
VIVI SUFIATI
|
NAMA ANAK :
ADIT
|
||
KEMAMPUAN
|
TUGAS
|
KINERJA
|
KEG. PEMBELAJARAN
|
|
Mengamati
|
Membedakan
mana kendaraan di laut, di udara, dan di darat dari gambar.
|
Y
|
|
Membuat Perahu Kertas dan
Menjalankannya Di Atas Air
Bahan
: kertas lipat, air
Alat : ember, pengaduk
Langkah
kerja:
Pengamatan
I
1.
Membuat perahu kertas dari kertas lipat.
2.
Meletakkan perahu kertas di atas air tenang, lalu
mengaduk-aduk air.
3.
Mengamati perbedaan perahu saat air tenang dan air
diobok-obok.
Pengamatan
II
1.
Melubangi satu perahu, dan yang satu dibiarkan
rapi tanpa lubang.
2.
Meletakkan keduanya diatas air dan menghitung
bersama sampai ada perahu yang tenggelam.
Bincang-bincang
tentang pembelajaran yang baru saja dilakukan.
|
Mengidentifikasi
|
Membuat
perahu kertas bersama dan menyebutkan nama bentuk dari kertas tersebut serta
termasuk transportasi dimana?
|
Y
|
|
|
Menggambarkan
keadaan
|
Membedakan
keadaan perahu ketika air diobok-obok dengan ketika air tenang.
|
Y
|
|
|
Memilah
|
Membandingkan
2 perahu yang sama tetapi yang satu dilubangi bagian bawahnya dan yang satu
rapi tanpa lubang.mana yang tenggelam.
|
Y
|
|
|
Merancang
penyelidikan
|
Mencari
hubungan perahu kertas dengan air.
|
Y
|
|
|
Mengumpulkan
data
|
Menghitung
bersama pada hitungan ke berapa perahu tenggelam.
|
|
T
|
|
Menafsirkan
data
|
Mengenal
hubungan sebab akibat
|
Y
|
|
|
Mempresentasikan
|
Menceritakan
permainan yang dilakukan dan memperkirakan akibat.
|
Y
|
|
|
Menyimpulkan
|
Menerapkan
pada situasi lain.
|
|
T
|
|
JUMLAH
|
7
|
2
|
Score
7/9 x 100 = 77,78
|
Keterangan
:
Y
: mampu
T
: belum mampu
INSTRUMEN
KONTRAK BELAJAR
PENGAMAT : VIVI SUFIATI
NIM : 10111241031
PG PAUD VA
Bidang
|
Perkembangan
motorik kasar
|
|
Usia
|
5-6
tahun
|
|
Tpp
|
Melakukan
koordinasi gerakan kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam.(MK
2)
|
|
Kegiatan
|
Menari
tari kupu untuk pelepasan siswa PAUD HIDAYAH 1 JUNI 2012
|
|
Jadwal
|
Rabu
|
Sabtu
|
FOKUS
|
Latihan
menggerakkan tangan untuk menari tanpa
musik (meniru guru).
(6
JUNI 2012)
|
Latihan
menari dengan koordinasi tangan kepala tanpa musik (meniru guru). (9 JUNI
2012)
|
Latihan
menari dengan gerakan lengkap (kaki-tangan-kepala) tapi masih patah-patah.
(meniru guru).
(13
JUNI 2012)
|
Mulai
menari dengan musik bersama guru.
(16
JUNI 2012)
|
|
Mulai
menari dengan ekspresi dan tanpa guru.
(20
JUNI 2012)
|
Latihan
menari dalam formasi tari bersama kelompok.
(23
JUNI 2012)
|
|
Menari
dengan tambahan gerak atau formasi masuk panggung dan keluar panggung.
(27
JUNI2012)
|
Mulai
latian menari lengkap dengan teman-teman dan guru sebagai penonton.(gladi
resik).
(30
JUNI 2012)
|
3.
PEDOMAN
WAWANCARA MENGUNGKAP PENGETAHUAN ANAK
FORMAT WAWANCARA / PERCAKAPAN SPONTAN
PENGAMAT : VIVI SUFIATI
NIM : 10111241031
PG PAUD VA
NAMA ANAK
|
KIKI
|
PENGAMAT
|
VIVI SUFIATI
|
SUB-TEMA
|
AIR
|
KEGIATAN
|
TANYA JAWAB
TENTANG AIR MINUM
|
BENTUK
PERTANYAAN
|
MENYIMAK
|
MENGUNGKAPKAN
|
|
APA
|
Apa yang kamu
minum?
|
Kiki memainkan
dotnya, melepaskan dari mulut lalu ngedot lagi.
|
Mimik susu...
|
SIAPA
|
Siapa yang
membuat minuman untukmu?
|
Menunjuk ke arah
neneknya.
|
Simbah
|
KAPAN
|
Kapan air bisa
diminum?
|
Meletakkan botol
susu
|
Kalau mau bobok
minum susu.
|
DIMANA
|
Dimana tempat
mendapatkan air?
|
Kiki memainkan
botol susu kosong dengan di kocok-kocok. Sambil lari ketempt cuci piring.
|
Dari bak.
|
PILIH MANA
|
Lebih suka minum
air putih atau air yang manis?
|
Kiki melihat
pengamat seperti sedang berfikir.
|
Apa ya tante?hemm
Air putih dingin.
|
BAGAIMANA
|
Bagaimana agar
air bisa diminum?
|
Kiki duduk
mendengar pertanyaan.
|
Dimasak biar
panas gek di kasih di kulkas biar dingin tante....
|
MENGAPA
|
Mengapa air minum
bisa jadi manis?
|
Menirukan
mengaduk gula dalam gelas.
|
Dikasih gula gek
diaduk-aduk pake sendok gek diminum.
|
INSTRUMEN
TES LISAN BERBENTUK RATING SCALE
Bidang
|
Pengembangan
kognitif
|
Tema
|
Makanan
|
Sub tema
|
Macam-macam rasa
makanan dan minuman
|
Usia
|
3-4 tahun
|
Kegiatan
|
Tanya jawab rasa
makanan dan minuman.
|
No
|
Tingkat
pencapaian perkembangan
|
Hal
yang dinilai
|
Daftar
pertanyaan
|
||
1.
|
Menyebutkan
berbagai nama makanan dan rasanya.(KA.2)
|
Tahu rasa makanan
dan minuman yang disediakan.
|
Kalau permen itu
rasanya gimana?
|
||
Kalau air garam
rasanya gimana?
|
|||||
Kalau cabai itu
rasanya gimana?
|
|||||
Tadi yang rasanya
manis apa namanya?
|
|||||
Tadi yang rasanya
asin apa ?
|
|||||
Tadi yang rasanya
pedas apa namanya?
|
|||||
Kriteria
penilaian
|
Score 0
|
Score
1
|
Score
2
|
Score
3
|
|
0 jawaban
|
1-2 jawaban
|
3-4 jawaban
|
5-6 jawaban
|
4.
RUN DOWN (JEJAK LANGKAH) DOKUMEN PORTFOLIOS
PERKEMBANGAN ANAK
FORMAT
KUMPULAN PERKEMBANGAN MONUMENTAL
Nama Anak : Elysa Dwi Nurfalinda
|
Usia : 4-5 tahun
|
||
Pengamat : Vivi Sufiati
|
Tanggal : Oktober -November 2012
|
||
CHECKLIST BIDANG PENGEMBANGAN
|
Dokumentasi
foto lihat Lampiran
|
||
|
Berfikir, berargumentasi, pemecahan
masalah
|
||
|
Kompetensi sosial-emosional
|
||
|
Perkembangan Motorik Kasar
|
||
V
|
Perkembangan Motorik Halus
|
||
|
Bahasa dan Komunikasi
|
||
|
Perkembangan Membaca/menulis
|
||
V
|
Perkembangan Kreativitas
|
||
CHECKLIST KONTEKS PENGAMATAN
|
|||
|
Inisiatif anak
|
|
Bekerja dengan bimbingan orang dewasa
|
V
|
Inisiatif guru
|
|
Bekerja dengan teman
|
V
|
Tugas baru untuk anak
|
|
Waktu yang digunakan (1-5 menit)
|
|
Tugas yang dikenal anak
|
|
Waktu yang digunakan (5-15 menit)
|
V
|
Bekerja mandiri
|
V
|
Waktu yang digunakan (>15 menit)
|
Catatan :
Tugas ini anak
diminta untuk mlukis di media yang berbeda tampah sebagai media yang
bertekstur tanpa diberi contoh terlebih dahulu melukis di atas tampah. Anak
mampu mengembangkan motorik halus yang anak miliki dengan baik, perkembangan
kreativitas anak sangat baik. Anak bisa melukis dengan media yang tidak
biasa, yaitu pada media yang bertekstur (tampah). Guru sebelumnya hanya
mengajarkan anak melukis di atas kertas tapi setelah ada perintah menggambar
di atas tampah anak mampu.
|
Nama Anak : Elysa Dwi Nurfalinda
|
Usia : 4-5 tahun
|
||
Pengamat : Vivi Sufiati
|
|
||
CHECKLIST BIDANG PENGEMBANGAN
|
|
||
|
Berfikir, berargumentasi, pemecahan
masalah
|
||
|
Kompetensi sosial-emosional
|
||
|
Perkembangan Motorik Kasar
|
||
V
|
Perkembangan Motorik Halus
|
||
|
Bahasa dan Komunikasi
|
||
|
Perkembangan Membaca/menulis
|
||
V
|
Perkembangan Kreativitas
|
||
CHECKLIST KONTEKS PENGAMATAN
|
|||
|
Inisiatif anak
|
|
Bekerja dengan bimbingan orang dewasa
|
V
|
Inisiatif guru
|
|
Bekerja dengan teman
|
V
|
Tugas baru untuk anak
|
|
Waktu yang digunakan (1-5 menit)
|
|
Tugas yang dikenal anak
|
|
Waktu yang digunakan (5-15 menit)
|
V
|
Bekerja mandiri
|
V
|
Waktu yang digunakan (>15 menit)
|
Nama Anak : Elysa Dwi Nurfalinda
|
Usia : 4-5 tahun
|
||
Pengamat : Vivi Sufiati
|
Tanggal : Oktober 2012
|
||
CHECKLIST BIDANG PENGEMBANGAN
|
Gambar 1.1 melukis di kertas dengan pensil warna
|
||
|
Berfikir, berargumentasi, pemecahan
masalah
|
||
|
Kompetensi sosial-emosional
|
||
|
Perkembangan Motorik Kasar
|
||
V
|
Perkembangan Motorik Halus
|
||
|
Bahasa dan Komunikasi
|
||
|
Perkembangan Membaca/menulis
|
||
V
|
Perkembangan Kreativitas
|
||
CHECKLIST KONTEKS PENGAMATAN
|
|||
|
Inisiatif anak
|
|
Bekerja dengan bimbingan orang dewasa
|
V
|
Inisiatif guru
|
|
Bekerja dengan teman
|
|
Tugas baru untuk anak
|
|
Waktu yang digunakan (1-5 menit)
|
V
|
Tugas yang dikenal anak
|
|
Waktu yang digunakan (5-15 menit)
|
V
|
Bekerja mandiri
|
V
|
Waktu yang digunakan (>15 menit)
|
Nama Anak : Elysa Dwi Nurfalinda
|
Usia : 4-5 tahun
|
||
Pengamat : Vivi Sufiati
|
Tanggal : Oktober 2012
|
||
CHECKLIST BIDANG PENGEMBANGAN
|
Gambar 1.2 melukis dengan cat air dan
benang
|
||
|
Berfikir, berargumentasi, pemecahan
masalah
|
||
|
Kompetensi sosial-emosional
|
||
|
Perkembangan Motorik Kasar
|
||
V
|
Perkembangan Motorik Halus
|
||
|
Bahasa dan Komunikasi
|
||
|
Perkembangan Membaca/menulis
|
||
V
|
Perkembangan Kreativitas
|
||
CHECKLIST KONTEKS PENGAMATAN
|
|||
|
Inisiatif anak
|
|
Bekerja dengan bimbingan orang dewasa
|
V
|
Inisiatif guru
|
|
Bekerja dengan teman
|
V
|
Tugas baru untuk anak
|
|
Waktu yang digunakan (1-5 menit)
|
|
Tugas yang dikenal anak
|
V
|
Waktu yang digunakan (5-15 menit)
|
V
|
Bekerja mandiri
|
|
Waktu yang digunakan (>15 menit)
|
FORMAT
KUMPULAN PERKEMBANGAN MONUMENTAL
Nama Anak : Elysa Dwi
Nurfalinda
|
Usia : 4-5 tahun
|
||
Pengamat
: Vivi Sufiati
|
|
||
CHECKLIST BIDANG PENGEMBANGAN
|
Gambar 1.3 melukis di tampah
dengan cat
|
||
|
Berfikir, berargumentasi,
pemecahan masalah
|
||
|
Kompetensi sosial-emosional
|
||
|
Perkembangan Motorik Kasar
|
||
V
|
Perkembangan Motorik Halus
|
||
|
Bahasa dan Komunikasi
|
||
|
Perkembangan Membaca/menulis
|
||
V
|
Perkembangan Kreativitas
|
||
CHECKLIST KONTEKS PENGAMATAN
|
|||
|
Inisiatif anak
|
|
Bekerja dengan bimbingan orang dewasa
|
V
|
Inisiatif guru
|
|
Bekerja dengan teman
|
V
|
Tugas baru untuk anak
|
|
Waktu yang digunakan (1-5
menit)
|
|
Tugas yang dikenal anak
|
|
Waktu yang digunakan (5-15
menit)
|
V
|
Bekerja mandiri
|
V
|
Waktu yang digunakan (>15
menit)
|
Catatan :
Tugas pertama anak menggambar
di kertas dengan pensil warna anak telah mampu melakukannya karena sering
dilakukan di rumah. Setelah itu ada peningkatan tugas untuk anak yaitu
menggunakan cat air dan benang hasilnya anak terlalu kuat menarik benang
sehingga kertasnya sobek. Untuk tugas ke tiga anak diminta untuk mlukis di
media yang berbeda tampah sebagai media yang bertekstur tanpa diberi contoh
terlebih dahulu melukis di atas tampah. Anak mampu mengembangkan motorik
halus yang anak miliki dengan baik, perkembangan kreativitas anak sangat
baik. Anak bisa melukis dengan media yang tidak biasa, yaitu pada media yang
bertekstur (tampah). Guru sebelumnya hanya mengajarkan anak melukis di atas
kertas tapi setelah ada perintah menggambar di atas tampah anak mampu.
|
5.
TEKNIK
ANALISIS DATA KUALITATIF PERKEMBANGAN ANAK
FORMAT DEVELOPMENTAL CHECKLISTS
BIDANG
|
PENGEMBANGAN
MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN
|
|||||||
TEMA/SUB-TEMA
|
BINATANG
BERSAYAP/KUPU-KUPU
|
|||||||
TEKNIK
PENGUMPULAN INFORMASI
|
MENGAMATI
KEMAMPUAN UNJUK GERAK ANAK
|
|||||||
HAL YANG DINILAI
|
MENIRUKAN
GERAKAN TARI KUPU-KUPU
|
|||||||
TPP
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
KRITERIA
PENILAIAN
|
||||||
Melakukan
koordinasi gerakan kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam (MK
2)
|
Latihan
gerakan tangan
Latihan
gerakan tangan kaki
Latihan
gerakan tangan kaki dan kepala dengan ekspresi
Latihan
tanpa musik
Latihan
gerak tari dengan musik sesuai irama
|
Anak
mampu menselaraskan gerakan koordinasi tangan kaki dan kepala dengan
ekspresi baik dengan musik maupun
hanya dengan hitungan.
|
||||||
CHECKLISTS
KEMAMPUAN ANAK
|
||||||||
No
|
DAFTAR KEMAMPUAN ANAK
|
YA
|
TIDAK
|
|||||
1.
|
Anak
mampu menggerakkan tangan sesuai gerakan yang dilakukan guru
|
V
|
|
|||||
2.
|
Anak
mampu melakukan koordinasi tangan dan kaki sesuai gerakan yang dilakukan
guru.
|
V
|
|
|||||
3.
|
Anak
mampu melakukan koordinasi tangan kaki dan kepala dengan sesuai gerakan yang
dilakukan guru
|
V
|
|
|||||
4.
|
Anak
mampu melakukan gerakan tangan dengan selendang (sampur) disertai gerak kaki
dan kepala dengan sesuai gerakan yang dilakukan guru.
|
V
|
|
|||||
5.
|
Anak
mampu melakukan koordinasi tangan kaki dan kepala sesuai gerakan yang
dilakukan guru dan hitungan yang tepat.
|
V
|
|
|||||
6.
|
Anak
mampu melakukan gerakan tari sampai selesai dengan ekspresi dan musik.
|
V
|
|
|||||
7.
|
Anak
mampu menirukan gerakan tari dalam 1 kelompok dengan hitungan.
|
V
|
|
|||||
8.
|
Anak
mampu menirukan gerakan tari dalam 1 kelompok dengan musik.
|
|
V
|
|||||
ANALISIS
DAN PENAFSIRAN DATA
|
||||||||
BELUM
|
PROSES
|
BERHASIL
|
||||||
Jumlah Ya ada 2 atau kurang
|
Jumlah Ya ada 3-5
|
Jumlah Ya ada 6
atau lebih
|
||||||
NUMERICAL RATING
SCALES:
LEARNING ACTIVITIES
PERKEMBANGAN BAHASA
Nama Anak
|
Elisa Dwi Nurfalinda
|
Nama Guru
|
Prabandari
|
|||||||||||
Kelompok
|
B1 (5-6 tahun)
|
Tanggal
|
15/12/2012
|
|||||||||||
Bidang
|
Perkembangan Bahasa
|
Tema/sub-tema
|
Binatang/makanan binatang di hutan
|
|||||||||||
RENTANG
PENILAIAN
|
||||||||||||||
1=jauh di bawah
|
2=di bawah
|
3=sesuai perkiraan
|
4=di atas
|
5=jauh di atas
|
||||||||||
BERILAH TANDA CENTANG PADA KOLOM YANG TERSEDIA
|
||||||||||||||
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Catatan
|
||||||||
Menerima
Bahasa: memahami aturan dalam suatu permainan (TPP A3)
|
||||||||||||||
Anak ikut bermain tanpa tahu aturan
main
|
|
|
|
|
V
|
|
||||||||
Anak ikut bermain, tahu aturan main
tapi tidak menaati aturan main
|
|
|
|
V
|
|
|
||||||||
Anak ikut bermain, tahu bermain dan
menaati aturan main
|
|
|
V
|
|
|
3
|
||||||||
Mengungkapkan
Bahasa: melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan (TPP B6)
|
||||||||||||||
Melanjutkan cerita hanya pada bagian
yang disukai
|
|
|
|
V
|
|
|
||||||||
Melanjutkan cerita hanya sebagian saja
harus ditanya kelanjutan baru mau melanjutkan lagi sampai akhir.
|
|
|
V
|
|
|
3
|
||||||||
Melanjutkan cerita dengan runtut
sampai akhir
|
|
V
|
|
|
|
|
||||||||
Keaksaraan:
menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama (TPP C3)
|
||||||||||||||
Menyebutkan kelompok gambar yang
memiliki huruf awal yang sama.
|
|
|
|
V
|
|
|
||||||||
Menyebutkan kelompok gambar yang
memiliki bunyi awal yang sama
|
|
|
|
V
|
|
|
||||||||
Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki
huruf serta bunyi awal yang sama
|
|
|
V
|
|
|
3
|
||||||||
|
||||||||||||||
RANGKUMAN PENILAIAN
|
||||||||||||||
Penilaian
|
Peninjauan
Hari ini
|
Dibandingkan
Peninjauan Hari Sebelumnya
|
||||||||||||
Jauh di atas
perkiraan
|
Sesuai
Perkiraan
|
Jauh di bawah
perkiraan
|
Meningkat
|
Sama
|
Menurun
|
|||||||||
Menerima Bahasa
|
|
V
|
|
|
|
|
||||||||
Mengukapkan Bhs
|
|
V
|
|
|
|
|
||||||||
Keaksaraan
|
|
V
|
|
|
|
|
||||||||
Catatan : yang di blok adalah perkiraan guru untuk
anak.
Kesimpulan : dalam penilaian menerima bahasa,
mengungkapkan bahasa, dan keaksaraan anak sesuai dengan perkiraan yang di buat
guru.
GRAPHIC RATING
SCALES:
LEARNING
ACTIVITIES PERKEMBANGAN NILAI AGAMA & MORAL
Nama Anak
|
Rizky
|
Nama Guru
|
Nuryatun
|
|||||||||||
Kelompok
|
A (4-5 tahun)
|
Tanggal
|
15/12/2012
|
|||||||||||
Bidang
|
Perkembangan Nilai Agama-moral
|
Tema/sub-tema
|
Alam semesta/ mahluk hidup
|
|||||||||||
GARIS KONTINUM
PENILAIAN
|
||||||||||||||
TP=tidak pernah
|
JR=jarang
|
KD=kadang2
|
SR=sering
|
SL=selalu
|
||||||||||
BERILAH TANDA CENTANG PADA KOLOM YANG TERSEDIA
|
||||||||||||||
Penilaian
|
TP
|
JR
|
KD
|
SR
|
SL
|
Catatan
|
||||||||
Nilai
Agama & Moral: membiasakan diri berperilaku baik (TPP NAM5)
|
||||||||||||||
Berperilaku baik pada diri sendiri
|
|
|
|
|
V
|
5
|
||||||||
Berperilaku baik pada guru
|
|
|
|
|
V
|
5
|
||||||||
Berperilaku baik pada teman
|
|
|
|
V
|
|
4
|
||||||||
Berperilaku baik pada saudara
|
|
|
V
|
|
|
3
|
||||||||
Berperilaku baik pada ayah
|
|
|
|
|
V
|
5
|
||||||||
Berperilaku baik pada ibu
|
|
|
|
|
V
|
5
|
||||||||
Berperilaku baik pada orang yang lebih
tua
|
|
|
|
|
V
|
5
|
||||||||
Berperilaku baik pada tumbuhan
|
|
|
|
V
|
|
4
|
||||||||
Berperilaku baik pada hewan
|
|
|
|
V
|
|
4
|
||||||||
Skor 40/45
x 100% = 88,8%
|
||||||||||||||
RANGKUMAN PENILAIAN
|
||||||||||||||
Penilaian
|
Peninjauan
Hari ini
|
Dibandingkan
Peninjauan Hari Sebelumnya
|
||||||||||||
Selalu
|
Kadang2
|
Tidak Pernah
|
Meningkat
|
Sama
|
Menurun
|
|||||||||
Pembiasaan berperilaku baik
|
V
|
|
|
|
|
|
||||||||
RUBRICS
HOLISTIC SCALE
BIDANG
|
PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6
TAHUN
|
||||||||
TEMA/SUB-TEMA
|
Olahraga /bola untuk olah raga.
|
||||||||
TEKNIK PENGUMPULAN INFORMASI
|
MENGAMATI KEMAMPUAN UNJUK KERJA ANAK
|
||||||||
HAL
YANG DINILAI
|
Menghitung benda dengan warna dan
bentuk yang sama dan mencocokkan dengan lambang bilangannya.
|
||||||||
TPP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
HOLISTICS SCALE
|
|||||||
Mencocokkan bilangan dengan lambang
bilangan (K.C2)
|
Disiapkan
miniatur bola kaki, bola basket, dan bola kasti serta keranjang yang
ditempeli gambar bola tersebut. Anak di minta mengelompokkan bola yang
memiliki jenis dan warna yang sama untuk dimasukkan dalam kotak yang depannya
bergambar bola tersebut. Setelah selesai mengklasifikasikan anak diminta
menghitung bola dalam kotak. Terakhir anak mencocokkan jumlah bola dalam
kotak dengan lambang bilangan yang tersedia. Lambang bilangan tersebut di
tempel pada kotak.
|
Deskriptor
|
Warna
|
Jenis
|
|||||
Mengklasifikasi
|
√
|
√
|
|||||||
Menghitung
|
√
|
√
|
|||||||
Mencocokkan
|
√
|
√
|
|||||||
KRITERIA
PENILAIAN
|
|||||||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
Menguasai kurang dari 1 deskriptor
|
Menguasai 2 deskriptor
|
Menguasai 3 deskriptor
|
Menguasai 4 deskriptor
|
Menguasai lebih dari 5 deskriptor
|
|||||
RUBRICS
ANALYTIC SCALE
BIDANG
|
PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6
TAHUN
|
||||||||
TEMA/SUB-TEMA
|
TUMBUHAN/BERKEBUN
|
||||||||
TEKNIK PENGUMPULAN INFORMASI
|
MENGAMATI KEMAMPUAN UNJUK KERJA ANAK
|
||||||||
HAL
YANG DINILAI
|
ANAK MAMPU BERKEBUN MERAWAT TUMBUHAN AGAR SUBUR
|
||||||||
TPP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
ANALYTIC SCALE
|
|||||||
Mengenal sebab akibat tentang
lingkungannya (angin bertiup menyebabkan daun bergerak, air dapat menyebabkan
sesuatu menjadi basah).(K.A4)
|
Anak berkebun dengan memberi pupuk
pada tumbuhan di taman, menyirami, lalu bersama-sama menjabuti tanaman
pengganggu serta meletakkan tanaman yang ada di pot ke taman yang cukup
terkena sinar matahari.
|
1.
Mengenali penyebab tumbuhan dapat subur
2.
Menyelesaikan masalah: praktik langsung
3.
Hasil penyelesaian: bisa atau tidak bisa
|
|||||||
Mengetahui
penyebab tumbuhan bisa hidup subur
|
|||||||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
Tidak berusaha merawat tumbuhan
|
1.
Tumbuhan subur karena diberi pupuk.
|
1.
Tumbuhan subur karena diberi pupuk.
2.
Tumbuhan subur karena disiram air.
|
1.
Tumbuhan subur karena diberi pupuk.
2.
Tumbuhan subur karena disiram air.
3.
Tumbuhan subur karena tanaman pengganggunya
dicabuti.
|
1.
Tumbuhan subur karena diberi pupuk.
2.
Tumbuhan subur karena disiram air.
3.
Tumbuhan subur karena tanaman pengganggunya
dicabuti.
4.
Tumbuhan subur karena cukup matahari.
|
|||||
Menyelesaikan
Masalah dengan praktik langsung
|
|||||||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
Tidak praktik langsung berkebun
|
o
Tidak memberi
pupuk.
o
Tidak menyiram
tanaman
o
Tidak mencabuti rumput
o
Memindahkan tanaman ke tempat yang terkena sinar
matahari.
|
o
memberi pupuk.
o
Tidak menyiram
tanaman
o
Tidak mencabuti rumput
o
Memindahkan tanaman ke tempat yang terkena sinar
matahari.
|
o
memberi pupuk.
o
menyiram tanaman
o
Tidak mencabuti rumput
o
Memindahkan tanaman ke tempat yang terkena sinar
matahari.
|
o
memberi pupuk.
o
menyiram tanaman
o
mencabuti rumput.
o
Memindahkan tanaman ke tempat yang terkena sinar
matahari.
|
|||||
Hasil
Penyelesaian berkebun
|
|||||||||
0
|
1
|
2
|
|||||||
Anak menguasai sebagian prosedur cara berkebun agar tanamannya subur.
|
Anak menguasai semua prosedur cara berkebun agar tanamannya subur.
|
||||||||
RUBRICS
DEVELOPMENTAL SCALE
BIDANG
|
PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6
TAHUN
|
||||||
TEMA/SUB-TEMA
|
BINATANG/BINATANG DI DARAT
|
||||||
TEKNIK PENGUMPULAN INFORMASI
|
MENGAMATI KEMAMPUAN UNJUK KERJA ANAK
|
||||||
HAL
YANG DINILAI
|
HURUF DAN BUNYI YANG DAPAT
DIKLASIFIKASIKAN OLEH ANAK
|
||||||
TPP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
DEVELOPMENTAL SCALE
|
|||||
Menyebutkan kelompok gambar yang
memiliki bunyi/huruf awal yang sama (BHS.C3)
|
Guru menunjukkan gambar binatang di
darat Babi, Badak, Beruang, Kerbau, Kera, Kambing kemudian anak menyebutkan
nama dari masing-masing gambar tersebut.
|
Tahap 1: menyebutkan binatang yang
memiliki huruf awal yang sama*
Tahap 2: menyebutkan binatang yang
memiliki bunyi awal yang sama.*
Tahap 3: Menyebutkan binatang yang
memiliki huruf dan bunyi awal yang sama.
Tahap 4: Menyebutkan binatang yang
punya huruf awal sama tapi bunyi awalnya berbeda.
|
|||||
KRITERIA
PENILAIAN
|
|||||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
Tidak menyebutkan bunyi atau huruf
awal yang sama.
|
Mengklasifikasi huruf/bunyi tahap 1
saja
|
Mengklasifikasi huruf/bunyi tahap 1-2
|
Mengklasifikasi huruf/bunyi tahap 1-3
|
Mengklasifikasi huruf/bunyi tahap 1-4
|
|||
Catatan : tanda * = tahap yang mampu dilakukan anak
1 komentar:
isinya bermanfaat banget. makasih mbk. tp kok nggak full kelhatan ?
Posting Komentar